Minggu, 30 Juni 2013

AYOOHHH BELAJAR RAFTING / ARUNG JERAM di BATU RAFTING



Saya masih ingat ketika pertama kali melakukan Ekspedisi RAFTING DIMPA Universitas Muhammadiyah Malang ke Jawa Barat Tahun 1996 ( Sungai Citarik, Sungai Cicati, Sungai Citandui serta Sungai Cimanuk ). Kebetulan saat itu saya adalah bagian dari Tim Ekspedisi. Peralatan yang kami gunakan saat itu sangat minim, perahu jelas bukan tipe river boat karena perahu yang kita gunakan saat itu adalah perahu Rescue/ Sekoci warna orange yang dilapisi oleh oskar/kulit imitasi ( pengkoverannya kita kerjakan sendiri ), dayung...??..hemmmm..kita belum mengenal Carlissel ataupu levorte ataupun dayang viber, yang kita gunakan adalah dayung kayu nangka (emmffuuu...berat bangattt’ss). Pelampung bukan pelampung tiup memang...tapi dalamnya kita pakai foam.....hehehehhe...kebayang klau sudah lepas jahitan sekatnya pada ngumpul dibahu. Helm jelas pakai meski yang murahan, klau terbentur kita kembalikan pada amal perbuatan masing-masing....heheheh.. bahkan ada cerita lucu waktu itu pertama mau turun di sungai Citarik sewaktu bawa dayung ada yang nyeletuk ” mau bikin api unggun dimana ? ”. Klau nggak salah waktu iti Jhon Leday yang nyletuk. Trim’s Mas Broww hal ini menjadi cambuk bagi kami tuk semakin termotivasi. Sewaktu di sungai Cicatih kami sangat difasilitasi oleh Bang Bucek ( Trim’s Juga Mas Brow. Tetap kami ingat kok ) kita disuruh memilih perahu serta peralatan yang pingin digunakan ( kasihan mungkin yha..?). Waktu itu peralatan untuk berarung jeram sangat sulit didapat di Indonesia, dan kalaupun ada harganya sangat mahal. Oleh karena itu sering dalam suatu pengarungan sungai peralatan yang dipakai hanya seadanya saja dan kadang kala hanya bermodal tekad saja. Hal-hal inilah yang sering berakibat fatal. Sebenarnya ada kunci pokok untuk menghindari bahaya-bahaya tersebut, yaitu sebagai berikut :

1. SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya manusianya harus mempunyai skill atau keahlian yang cukup baik dalam mengemudikan perahu, tindak keamanan, penyelamatan, membaca situasi dan kondisi alam, mampu mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi, mampu dan tegas dalam mengambil keputusan. Khususnya, seorang pemandu arung jeram harus mampu memimpin dan memandu peserta yang ada dalam perahu. Syaratnya adalah, sumber daya manusia yang terlibat dalam kegiatan arung jeram harus mampu saling memberi rasa aman dan nyaman serta kepuasan pada semua peserta arung jeram.
2. PERALATAN
Peralatan yang digunakan untuk berarung jeram sekarang ini sudah semakin baik dan modern. Peralatan arung jeram ada beberapa jenis dan ukuran, sesuai dengan keinginan pemakai. Pada waktu ini sebenarnya tidak ada lagi alasan untuk menyalahkan peralatan bila terjadi kecelakaan. Kriteria dan peralatan arung jeram yang layak pakai ( standard ) .
Thank’s My Brotherhod. Kethip Sudarsono, Zulaichah, Ujang, Heri Omen, Rahkmad Iskandar, Ismi Oleng, Deni Gajah. I lope u all.

SELAMAT MENCOBA……. BUKTIKAN DAN RASAKAN SENDIRI…….
AYOOHHH………….. ..
Join Us…..
Kempong Khuzainudin
( 0341) 8680446
081233578089

SHINING BATU / KOTA WISATA BATU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar