Selasa, 02 Juli 2013

SIFAT DAN DINAMIKA SUNGAI BRANTAS KOTA BATU

SUNGAI  BRANTAS KOTA BATU……….
            Sungai yang dimaksud di sini adalah aliran air yang berarus deras, berbatu-batu dan memiliki jeram serta gelombang, karena sungai seperti itulah yang layak untuk digunakan sebagai tempat berarung jeram.     
            Apabila membayangkan sungai-sungai, yang mudah diingat adalah sungai itu lebar atau sempit, alirannya cepat atau lambat, kemiringannya curam atau landai, berkelok-kelok atau lurus dan sebagainya. Bagi seseorang yang akan menggeluti kegiatan arung jeram perlu mengetahui sifat-sifat sungai lebih dalam lagi, hal ini terutama berkaitan dengan faktor keselamatan sang pengarung jeram.         
            Secara umum sungai adalah tempat mengalirnya air serta sedimen yang berasal dari daerah hulu di pegunungan sampai akhirnya bermuara ke hilir di lautan, baik yang berarus deras maupun yang berarus tenang.
            Sedangkan fungsi sungai itu sendiri adalah tempat menampung dan mengalirkan air serta sedimen dari daerah hulu sampai ke hilir. Sumber airnya dapat berasal dari hujan atau lelehan salju serta dari sumber-sumber yang lain.

DAERAH ALIRAN SUNGAI BRANTAS
            Sungai mengalir dari daerah hulu atau pegunungan sampai daerah hilir atau lautan melewati beberapa daerah yang dapat dibagi menjadi tiga daerah aliran sungai, yaitu :
1. Daerah aliran sungai hulu
Ciri-cirinya dangkal dan sempit, seringkali mengalir di daerah lembah yang curam dan dalam. Tingkat kecuramannya tinggi sekali sehingga banyak dijumpai air terjun.     Kebanyakan sungai ini tidak dapat diarungi.
2. Daerah aliran sungai peralihan
Ciri-cirinya cukup dalam dan lebar, banyak dijumpai riam yang diselingi lubuk sungai.            Daerah ini sangat ideal untuk RAFTING/ARUNGJERAM, tapi hati-hati kedangkalan dan air terjun yang berbahaya masih dijumpai.
3. Daerah aliran sungai hilir

Ciri-cirinya lebar dan dalam, aliran airnya tenang dan berkelok-kelok menyerupai huruf ' V '. Bukan daerah yang ideal untuk RAFTING/ARUNG JERAM

SELAMAT MENCOBA……. BUKTIKAN DAN RASAKAN SENDIRI…….
AYOOHHH…BERGABUNG ......RAFTING DI BATU ALAM RAFTING……….. .
SUNGAI BRANTAS MEMBERIKAN TANTANGAN BAGI ANDA.
Join Us…..
Kempong Khuzainudin
( 0341) 8680446
081233578089

SHINING BATU / KOTA WISATA BATU

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar